-->
teknologi part

follow us

cara mengatasi tinta printer tidak keluar atau macet

cara memperbaiki tinta warna pada printer tidak keluar atau macet rusak Printer yakni piranti keras yg terhubung ke satu buah komputer yg dimanfaatkan utk membentuk atau menampilkan apa yg ditampilkan di monitor pc ke selembar kertas atau lebih. Era sekarang ini pembuatan dokumen banyak memakai computer, sebab lebih praktis & enteng diperbaiki apabila terjadi kesalahan pengetikan di bandingkan dgn memakai mesin ketik manual. Tidak Hanya tulisan, gambar & poto juga dapat dgn gampang dicetak oleh pengguna computer dgn memanfaatkan printer tanpa mesti datang ke ruangan pencetakan poto. Tetapi, printer hanyalah suatu piranti yg pasti juga dapat mengalami banyak masalah, di antaranya tinda printer tak ke luar atau tidak dapat menulis di kertas alias macet.
cara mengatasi tinta printer tidak keluar atau macet


Printer inkjet yaitu printer yg memanfaatkan tinta cair, cara kerja printer ini dgn cara menyemprotkan titik-titik mungil tinta pada kertas yg dijadikan lokasi pencetakan lewat lubang pipa yg mungil atau mulut semprot (nozzle). Hasil cetakan dgn memakai tinta cair ini perlu waktu beberapa detik sebelum tintanya jadi kering & tak rusak seandainya disentuh. Tapi, printer ini pula tidak jarang mengalami kerusakan yaitu terjadinya penyumbatan kepada saluran ataupun ruang penyemprot tinta, rata rata akibat banyaknya penumpukan tinta yg mengering pada saluran tersebut yg menciptakan tinta tak cuma ke luar sedikit (putus-putus) bahkan BISA JADI tinta tidak akan ke luar sama sekali (ga ada tulisan yg tampil). Printer inkjet ini lebih banyak digunakan kala ini, sebab harganya lebih murah & sudah dapat mencetak tulisan & gambar/foto. Dua produsen tinta inkjet yg banyak beredar di pasaran adalah brand hp & Cannon.

Permasalahan printer macet atau cartridge printer cannon tertunda atau tak ingin mengeluarkan tinta atau tulisan pada kertas dapat diatasi dgn memanfaatkan beberapa trik dibawah ini :

  • Pastikan tinta masih ada, cobalah diingat-ingat kembali kapan terakhir isikan tinta ke dalam tabung tinta (cartridge) & berapa banyak yg telah dicetakknya. Jikalau telah waktunya isikan tinta, mari isikan tinta ke dalam tabung maksimal kira kira 3 ml, jangan sampai berlebihan, dikarenakan tinta bakal meluap & bocor pada bidang bawahnya. Seandainya memakai system infus, teliti apakah tinta dalam botol masihlah ada atau telah habis, pastikan aliran tinta pada selang tak ada yg terputus oleh gelembung hawa, apabila ada gelembung hawa, buka penutup tabung infus & cobalah keluarkan hawa yg terperangkap pada selang infus.
  • Seandainya tinta sudah ada, tapi masih tak ke luar. Cobalah lepaskan cartridge & lihat pada bidang bawahnya (head) apakah ada tinta, atau tintanya meluber, coba dilap dgn kertas tisu dengan cara lembut, selanjutnya pasang kembali cartridge ke tempatnya. Lakukan tes cetak kembali.
  • Sesudah dicoba terus tak akan ke luar tulisannya, coba di tingkatkan kualitas cetakknya ke yg lebih tinggi (high) dari menu Properties, setelah itu memilih tab Utama atau Advanced, seterusnya mengganti dari Standar (N) jadi Tinggi atau High (G). Tekan tombol OK, & coba laksanakan pencetakan kembali.
  • Apabila masalah belum juga teratasi, cobalah lakukan pemeriksaan mulut semprot dari tab Maintenance atau Perawatan, kemudian memilih tombol "Pembersihan" ataupun "Pembersihan Tingkat Dalam". Apakah telah dapat menampilkan tulisan pola kotak-kotak, bila iya, cobalah jalankan pencetakan kembali.
  • Bila tinta belum juga mau ke luar atau tiada tulisan sama sekali, mencoba bersihkan cartridge dengan cara merendam bidang bawahnya ke dalam air panas atau ke dalam cairan pembersih husus tinta mampet atau nyumbat. Jikalau belum juga sukses mencoba buka penutup cartridge bidang atas dgn benda pipih & cuci bidang dalam cartridge serta lepaskan & bersihkan pula busa yg ada di dalamnya dari tinta serta bidang bawah/tempat tinda ke luar juga dibersihkan dgn air keran yg mengalir deras. Setelah Itu dilap atau keringkan sisa-sisa air, seterusnya diisi kembali dgn tinta kira kira 2-3 ml, & lakukan pencetakan ulang. Bila belum sukses, cobalah ulangi langkat pembersihan seperti diatas yaitu dari tab "Maintenance/Perawatan". umumnya tulisan bakal ke luar.

nah itulah cara memperbaiki tinta printer yang tidak keluar atau eror, semoga dapat berguna bagi kalian semua

You Might Also Like: